peluang usaha

Welcome

Senin, 26 Agustus 2013

METODE MENGAJAR

Metode mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran.
1.      Metode ceramah
Metode ceramah merupakan suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan

2.      Metode demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya atau tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan.

3.      Metode eksperimen
Metode eksperimen (percobaan) adalah penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

4.      Metode tanya jawab
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pul dari siswa kepada guru.

5.      Metode diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, di mana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bias berupa pertanyaan yang bersifat poblematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.

6.      Metode tugas dan resitasi
Metode resitasi (penugasan) adalah metode metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.

7.      Metode problem solving
Metode problem solving adalah merupakan suatu metode mengajar juga metode berpikir, yang juga menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dengan mencari  data sampai kepada mencari kesimpulan

8.      Metode latihan
Metode latihan juga disebut metode training, merupakan suatu cara mengajar untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Metode ini digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan keterampilan.

9.      Metode simu;asi
Simulasi berasal dari kata simulate yang artinya berpura-pura atau berbuat seakan-akan. Metode mengajar simulasi dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Metode simulasi terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

a.       Metode sosiodrama
Metode sosiodrama adalah metode pembalajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial,
permasalahan yang menyangkut hubungan antara manusia sepertai kenakalan remaja, narkoba, gambaran keluarga yang otoriter dan lain sebagainya.
b.      Metode psikodrama
Metode psikodrama adalah metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis.
c.       Metode role playing
Metode role playing atau bermain peran adalah metode pembelajaran sebagai bagian dari simulasi yang diarahkan untuk mengkreasi peristiwa sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa actual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar